About BEM FKM Universitas Ahmad Dahlan

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah salah satu wadah untuk menghimpun, mengeksplorasi, memanage, hingga mendistribusikan semua bentuk budaya mahasiswa untuk meningkatkan produktifitasnya selaku calon Agent of Change. BEM FKM adalah salah satu bentuk dari sekian lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan. Sebagai lembaga yang menghimpun mahasiswa menjadi satu kesatuan dalam aktivitas yang kemudian dieksplor dan dikonsep menjadi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik berskala internal kampus, lokal, nasional hingga internasional. BEM dalam hal ini perlu dikenal lebih jauh oleh seluruh mahasiswa FKM agar dapat di fungsikan sebagai fasilitas pengembangan diri. Badan pelaksana kegiatan kemahasiswaan yang bertanggungjawab terhadap seluruh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat.

OPEN RECRUITMENT PANITIA P2K 2016

IMG_20160426_195431

Assalamu’alaikum.  Bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Program Pengenalan Kampus (P2K) 2016 kami memberikan kesempatan besar untuk kalian bergabung bersama kami disini. Gunakan kesempatan ini dan SEGERA DAFTARKAN DIRIMU!
Pendaftaran dari tanggal 26 april – 5 mei 2016, lho! Jangan sampai terlewatkan yaaa!
SILAHKAN UNDUH FORMULIRNYA DI:

http://docs.google.com/uc?export=download&id=0B6xpTaGjLKSdRFNBbUR1R0FPWWc

Kami tunggu kontribusi kalian, Guys!
Salam Ba-Per (BAWA PERUBAHAN)!! 💪

Artikel HIV / AIDS

Oleh: Abdul Haris R Pangulu

                     HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. AIDS sebenarnya penyakit yang berasal dari Negara Afrika dan hanya terdapat pada kera, dan tanpa disadari virus HIV tersebut menular ke manusia dan dari situlah virus HIV menyebar ke berbagai negara. Sampai sekarang ini masih banyak kasus HIV/AIDS di berbagai negara, mungkin karena kurangnya pengetahuan penduduknya atau karena penduduknya yang menganggap penyakit HIV/AIDS hanya penyakit biasa saja.

                Di Indonesia masih banyak kasus HIV/AIDS, dan pada tahun 2014 negara Indonesia  mendapat rapor merah dari The Joint United Nation Program On HIV/AIDS (UNAIDS). Indonesia mendapat rapor merah karena dianggap kurang memperhatikan pasien-pasien penderita penyakit HIV/AIDS dan kematian penderita penyakit HIV/AIDS di Indonesia masih tinggi. Sampai saat ini Indonesia juga merupakan negara dengan kasus HIV/AIDS yang tinggi karena tiap tahunnya kasus HIV/AIDS di Indonesia selalu meningkat.

             Penyakit HIV tidak hanya menular pada orang dewasa saja, tetapi penyakit HIV juga menular kepada anak kecil sejak anak tersebut masih dalam kandungan. Penyakit HIV/AIDS menular kepada anak kecil di karenakan orangtua nya menderita HIV/AIDS. Akan tetapi banyak orang tua tidak mengetahui bahwa dia menderita penyakit HIV/AIDS, dan ada juga orang tua yang membiarkan penyakit tersebut. Sehingga anaknya juga menderita penyakit yang mereka derita.

                        Masyarakat Indonesia masih banyak yang kurang memiliki pengetahuan tentang bahayanya terkena HIV/AIDS dan menyebabkan masih banyak orang yang terkena atau pun menderita penyakit HIV/AIDS. Dan ada juga kesalahan yang tidak di inginkan misalnya, penularan dari pasien ke perawat juga sering terjadi, dikarekan perawat tersebut kurang berhati-hati dalam merawat pasien penderita HIV/AIDS.

               Ada pun gejala yang dapat disebabkan oleh penyakit HIV/AIDS diantaranya infeksi jamur pada mulut dan kerongkongan, pembengkakan kelenjar getah bening diseluruh tubuh (dibawah telinga, leher, ketiak, dan lipatan paha), dan menurunnya berat badan secara drastis dikarenakan sistem kekebalan tubuh menurun semua itu disebabkan oleh virus HIV/AIDS yang telah menyebar ke seluruh tubuh dan mengakibatkan terjadinya infeksi diorgan tertentu contohnya infeksi jaringan kulit rambut.

                Cara mencegah HIV/AIDS ialah dengan kita melakukan penyuluhan kepada masyarakat terutama pada anak usia remaja, karena anak usia remaja sangat mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya. Dan anak usia remaja merupakan bibit kita untuk merubah bangsa ini di kemudian hari. Dengan kita melakukan penyuluhan kepada masyarakat sama saja kita sudah mengurangi angka penderita HIV/AIDS dan lebih utamanya kita sudah mengurangi angka kematian akibat penyakit HIV/AIDS.

PELATIHAN KEPENULISAN ARTIKEL

PENULISAN     “Menulislah Maka Kamu Akan Mengenal Dunia” inilah tema dari acara Pelatihan Kepenulisan yang dilaksanakan pada hari minggu (30/11), yang diadakan oleh divisi Infokom Bem Fkm Uad . Acaranya di mulai dari registrasi pukul 08.00-15.10 sore penutupan. Kegiatan ini dilaksanakan di UAD Kampus 3 di ruang 308 lantai 3. Makna dari tema tersebut yaitu dari tulisan kecil itu akan merubah suatu hal yang lebih besar,

      “Dilihat dari peminat mahasiswa dalam menulis ataupun membaca itu sangat rendah maka diadakan lah acara ini agar teman-teman mahasiswa dapat meningkatkan kemauan dalam hal menulis, kemudian kami ingin mengembangkan soft skill mahasiswa karena ada mahasiswa yang suka menulis tapi tidak ada ladang untuk mengembangkannya maka dari itu kami menyediakan ladangnya untuk mereka menggali soft skillnya kalau mereka benar-benar serius menjadi penulis yang baik dan benar maka mereka akan tau  disinilah tempatnya dan cara-caranya seperti apa,” ungkap  Novitansya  Djafar  Ketua Acara Pelatihan Kepenulisan.  “Harapan dari kami  yaitu agar mereka dapat menerapkannya dengan adanya perubahan dari teman-teman mahasiswa mungkin minat menulis dari artikel, cerpen atau tulisan yang lain untuk meningkatkan kemauan diri dalam  mengembangkan tulisan serta harapan yang lainnya yaitu acara pelatihan kepenulisan ini juga dapat diadakan lagi di waktu akan datang dengan konsep yang lebih menarik lagi, ” ungkapnya lagi.

    Acara pelatihan ini dihadiri dengan peserta sebanyak 40 orang dengan peminat penulis yang cukup baik. Acara ini dihadiri oleh Prayudha, S.Pd, MA selaku pembicara dalam acara Pelatihan Kepenulisan ini. Adapun fasilitas yang diberikan yaitu seminar kit, sertifikat, snack, dan makan siang.

     Gubernur FKM UAD Awaludin juga menguraikan pendapatnya bahwa “Mahasiswa sekarang pasif dalam menulis, maka dari itu kami mengadakan pelatihan kepenulisan artikel untuk mengembangkan soft skill dari teman-teman mahasiswa agar mereka suka menulis dan arahnya juga dapat diikutkan ke Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk mengetahui dasar-dasar kepenulisan seperti apa serta memudahkan mahasiswa juga dalam menulis skripsi.”

      Pada Pelatihan Kepenulisan ini dihadiri juga oleh umi Yuniar Wardani dengan memberikan tanggapan bahwa “sekarang ini budaya menulis bukan sesuatu yang asing, semua orang juga bisa menulis tetapi bagamana menulis secara ilmiah menjadi pesoalan, maka dari itu menulis perlu latihan dan menulis itu tidak mudah,” ungkap umi yuniar dijumpai di lokasi.  Setelah diadakannya acara pelatihan kepenulisan ini juga menjadi harapan umi yuniar  yaitu “sebagai output nya nanti ada peningkatan jumlah mahasiswa yang menulis karya ilmiah, PKM-GT terutama, dengan menulis berbagai hal, serta penulisan skripsi menjadi lebih baik lagi.”

HKN – DONOR DARAH

   Kegiatan Aksi Donor Darah yang diadakan oleh  LSO POKJA ISMKMI UAD yang bekerjasama dengan PMI Kulonprogo memerlukan minimal 30 kantong darah. Kegiatan ini dilaksanakan tepatnya pada hari minggu 30 November 2014 dari pukul 08.00-11.30 WIB. “Motivasi dari kegiatan aksi donor darah ini karena darah sangat diperlukan dilihat dari kasus yang sering terjadi dan kebetulan aksi donor darah ini juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan  Hari PMI beberapa waktu lalu,”  Ungkap Adi saputra Ketua program kerja ini saat di jumpai di lokasi. ” Aksi donor darah ini juga bermanfaat bagi pendonor agar mengetahui pentingnya darah itu untuk menolong sesama dan bagi PMI sendiri juga dapat menambah penyediaan kantong darah karena kebetulan saat ini penyediaan kantong darah PMI lagi kurang”  katanya lagi.

BeautyPlus_20141130085113_fast DONOR BeautyPlus_20141130093033_fast BeautyPlus_20141130084956_fast BeautyPlus_20141130085051_fast

Acara ini berawal dari registrasi dan setelah itu melakukan pemeriksaan apakah kondisi peserta dapat mendonorkan darahnya atau tidak, jika peserta dalam kondisi baik dapat mendonorkan darahnya maka dipersilahkan menuju stand yang telah disediakan untuksiap mendonorkan darahnya.

Kegiatatan Aksi Donor Darah ini ternyata juga memiliki kendala yang diuraikan oleh Salma Azzahra selaku  salah satu seksi acara ,”Pesertanya sudah diberi info untuk datang tapi tidak dibalas, ada juga yang sudah dibalas tapi tidak datang, dan cuaca nya juga tidak mendukung,” ungkapnya. Acara aksi donor darah yang diadakan ini merupakan acara yang cukup besar karena acara ini merupakan acara untuk membantu para saudara kita sesuai dengan temanya yaitu “Setetes Darah Wujud Cinta Untuk Negeri”

Testimoni:

(Putri  semester 3, FKM )

“Kegiatan ini bisa membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan kantong darah, Mari donorkan darah kalian kalau perlu kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali”

(Adi prasetyo semester 5, FKM)

“Donor darah itu gak rugi lho,, dan gak sakit, jadii buat teman teman yang masih beranggapan donor darah itu rugi dan sakit.. ubahlah presepsi anda guys!!”

PRETOPH FKM 2014

            LSO POKJA ISMKMI UAD Pada hari Minggu  pertengahan bulan September 2014 diselenggarakan rangkaian kegiatan pre toph (pre toph training of PH Maba) yang diadakan di Ledok Sambi, Kaliurang. Penanggung jawab kegiatan  ini adalah Azidanti Saufi. Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk megenal lebih jauh fakultas kesehatan masyarakat itu sendiri dan menambah wawasan tentang dunia kesehatan baik dari segi kesehatan jasmani maupun kesehatan lingkungan, menjalin silaturahmi antar mahasiswa baru  dan menjalin rasa kepedulian, kerja sama yang baik, menjalin keakraban antar mahasiswa baru lainnnya.

               Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru sekitar 50 orang. Kegiatan dilaksanakan pada pukul  07.00 WIB untuk berkumpul di kampus 3 UAD bersama- sama menuju Ledok Sambi, Kaliurang. Kegiatan  diawali dengan sharing ilmu tentang kesehatan masyarakat dan dilanjutkan dengan kegiatan outbound. Kegiatan yang dilaksanakan berupa diskusi aktif,yang bertemakan “menumbuhkan jiwa kepemimpinan” bersama  gubernur FKM UAD saudara Awaludin. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang jiwa kepemimpinan dan diharapkan mahasiswa mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi serta diharapkan akan mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan antara mahasiswa baru.

                Kegiatan dilanjutkan dengan outbond pada pukul 10.00 WIB yang diikuti oleh mahasiswa baru fakultas kesehatan masyarakat, hal  ini bertujuan untuk menjalin keakraban dan kerja sama antar mahasiswa baru lainnya. Kegiatan ini diikuti dengan aktif serta melibatkan mahasiswa untuk berperan aktif dalam mengikuti dalam serangkaian kegiatan. Diskusi aktif ini membicarakan tentang tema kesehatan masyarakat serta ranah dan potensi untuk fakultas kesehatan masyarakat yang mana dapat menjadi landasan utama untuk meraih impian serta cita –cita yang tinggi. Pukul 14.00 outbound selesai semua mahasiswa berkemas – kemas untuk pulang.

Hari Jantung

jantung

HARI JANTUNG

        LSO POKJA ISMKMI UAD , telah memperingati Hari jantung pada tanggal 29 september 2014. Tempatnya di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Dengan penangung jawab kegiatan adalah saudari Ain nur aini , dengan membuat kegiatan yang sederhana tetapi memiliki arti yang makna yang sangat penting bagi mahasiswa yang lain.

      Ditemui pada hari jumat tanggal 10 Oktober 2014 kemarin saudari Ain nur aini mahasiswa semester 5 jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat ini menjelaskan “kegiatan yang saya dan kawan-kawan lakukan ialah untuk mengingatkan mahasiswa dan mahasiswi yang lain tentang jantung atau pentingnya jantung bagi kesehatan”.

      Saudari Ain nur aini juga menjelaskan rangkaian kegiatan yang ia dan kawan-kawan lakukan. mereka mulai acaranya pada jam 6 pagi samapi jam 12 siang. Pada jam 6 pagi mereka hanya membagikan pita kepada mahasiswa dan mahasiswi yang mereka temui dilingkungan kampus 3 UAD. Mereka membagikan pita di beberapa titik, diantaranya gerbang utara kampus, gerbang selatan kampus, dan lab terbadu.

   Selanjutnya mereka berjalan keliling kampus untuk mencari mahasiswa dan mahasiswi yang memakai pita, setelah ketemu dengan mahasiswa atau mahasiswi yang memakai pita mereka memberikan apel dan stiker sebagai tanda kalau mahasiswa atau mahasiswi tersebut telah berpartisipasi dalam peringatan hari jantung.

Rangkaian kegiatan Milad XII

logo milad fkm 12imagesWELCOME to this site .. 🙂
sehubungan dengan diadakannya MILAD FKM UAD ke-12, kita mau share nih rangkaian acara yang akan dilaksanakan dari tanggal 07 Juni sampai puncak acaranya pada 15 Juni 2014

OPENING CEREMONY (07 Juni 2014)

BIDANG KESEHATAN :

∴ Jalan Sehat (15 Juni 2014)

∴ Duta FKM (08 Juni), → unjuk bakat pada puncak milad 15 Juni

BIDANG KEILMUAN :

∴ Debat Kesehatan antar fakultas Kesehatan Se-DIY (08 Juni 2014)

∴ Lomba Poster (15 Juni 2014)

∴ Lomba Esay (15 Juni 2014)

BIDANG KEROHANIAN :

∴ Lomba Kaligrafi (15 Juni 2014)

BIDANG SENI dan OLAHRAGA :

∴ Turnamen Futsal antar Fakultas Kesehatan se-DIY (15 Juni 2014)

∴ Parade Band dan Solo (15 Juni)

∴ Stand